Baru 40 Desa yang Sudah Menyerahkan Berkas Untuk Didaftarkan BPJS Kesehatan

Muara Beliti – Sudah 40 Desa di Kabupaten Musi Rawas (Mura) yang telah menyerahkan data Kepala Desa (Kades) dan Perangkat ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) untuk didaftarkan menjadi peserta Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Disampaikan Kepala Dinas PMD Kabupaten Mura, Ahmadi Zulkarnain melalui Kepala Bidang (Kabid) Fasilitas dan Perencanaan Keuangan Desa Andrianto Aditama kepada awak media, di ruang kerjanya.Jum’at(8/10/2021).

“Kades beserta perangkatnya akan didaftarkan BPJS Kesehatan dengan iuran 1 persen sedangkan 4 persenya ditanggung oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mura dan kami terima bulan Oktober ini sudah 40 Desa yang menyerahkan berkas untuk di daftarkan BPJS” ungkapnya

Dijelaskanya, Pendaftaran kepesertaan BPJS Kesehatan juga untuk anggota keluarga terdiri dari istri dan dua orang anak dan untuk fasilitas kesehatannya (Faskes) kelas 2.

“Kades atau perangkat beserta anak dan istrinya juga didaftarkan,” Ucap Andrianto Aditama.

Dari 5 persen iuran, disebutnya 4 persen ditanggung oleh Pemkab Mura dan 1 persen dibebankan ke peserta (Kades dan perangkat desa) berdasarkan UMK atau sebesar Rp 33ribu dan secara otomatis dipotong melalui penghasilan tetap.

Sesuai instruksi Perpres nomor 75 tahun 2017 pasal 30 tentang jaminan kesehatan bahwa pendaftaran BPJS kesehatan ini baru sebatas Kades dan perangkat desa saja dan kartu pesertanya akan dibagikan bila telah selesai. Sedangkan, untuk BPJS Ketenagakerjaan sudah daftarkan sejak Januari lalu,” Jelasnya. (YD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.