Bupati Launching Pembagian KIS, Imunisasi dan Deteksi Penyakit Tidak Menular

MUSI RAWAS – | Bupati Musi Rawas, Hj Ratna Machmud melaunching Program Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN), Bulan Deteksi Dini Penyakit Tidak Menular (BDDPTM) serta Pembagian Kartu JKN-KIS di tiga kecamatan dalam wilayah Kabupaten Musi Rawas, Selasa (31/05/2022).

Tiga kecamatan yang menjadi sasaran tersebut pada hari ini, yaitu Kecamatan Sukakarya, Kecamatan Muara Kelingi dan Kecamatan Muara Lakitan. Di tiga kecamatan ini, Bupati Ratna Machmud bertatap muka langsung kepada masyarakat, menyapa dan berbaur memberikan semangat baru, untuk membangun Musi Rawas yang semakin Maju, Mandiri dan Bermartabat (Mantab).

Masyarakat di tiga kecamatan tersebut secara beramai-ramai menyambut baik kedatangan Bupati Ratna Machmud. Mereka antusias dengan membawa balita dan siap menerima kartu JKN KIS.

Bupati Ratna Machmud menyampaikan sehubungan dengan adanya Pandemi Covid-19 telah terjadi penundaan cakupan imunisasi rutin secara berkelanjutan. Maka pada kesempatan ini Bupati melaunching Program BIAN, BDDPTM serta Pembagian Kartu JKN KIS.

“Harapan kita dengan program ini dapat menjadikan putra putri kita sehat, sehingga mendukung Indonesia yang lebih kuat dan dapat mewujudkan Musi Rawas Mantab,” ungkap Bupati.

Menurut Bupati, akibat Covid-19 disertai penyakit-penyakit lain telah merenggut nyawa masyarakat kita hingga meninggal.

“Oleh karena itu dengan pencanangan BIAN dan BDDPTM dapat kita jadikan momentum untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam melakukan pencegahan penyakit tidak menular.

Tentunya upaya ini memerlukan kerjasama dan koordinasi serta dukungan lintas sektor seperti kecamatan, desa dan TP PKK bersama puskesmas secara masif dan terintegrasi sehingga masyarakat sehat dan ekonomi kuat,” tutur Bupati.

Pada kesempatan ini, lanjut Bupati. Ia bisa hadir untuk membagikan kartu kepesertaan JKN KIS bagi masarakat kurang mampu dari anggaran APBD Musi Rawas.

Harapannya, semoga dengan kartu JKN KIS ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat kurang mampu untuk mendapatkan pelayanan kesehatan secara gratis, tentunya di fasilitas kesehatan Kabupaten Musi Rawas.

“Berobat gratis merupakan Visi Misi Musi Rawas Mantab secara bertahap direalisasikan diantaranya melalui JKN KIS.

Harapan saya kepada Pemerintah Kecamatan, Desa dapat aktif memperbarui Data Terpadu Kesejahteraan Sosial.

Harus benar-benar yang memang membutuhkan dan masuk dalam kategori masyarakat kurang mampu,” harap Bupati.

Hadir dalam acara di tiga kecamatan tersebut, Assisten Pemerintahan dan Kesra, Ali Sadikin. Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Kominfo dan Statistik, M Salman Alfaresi, para pimpinan OPD terkait, unsur Forkopimda dan Camat wilayah masing-masing. | *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.