Bupati Mura dan Kementerian Kominfo Komitmen Kembangkan Smart City

MUSI RAWAS – | Bupati Musi Rawas, Hj Ratna Machmud melakukan penandatanganan komitmen bersama menuju Smart City Kabupaten Musi Rawas di Ballroom Hotel Smart Lubuklinggau. Senin (12/09/2022).

Penandatangan komitmen meliputi seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Rawas kepada Bupati Musi Rawas untuk kerjasama dengan Kementerian Kominfo Republik Indonesia mengembangkan Program Smart City.

Bupati Ratna Machmud mengatakan Smart City merupakan upaya inovasi yang dilakukan pemerintah dalam mengatasi persoalan dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat dengan memenuhi kebutuhan publik.

Tentu dalam melayani publik memakai konsep yang terintegrasi dengan Teknologi Informatika dan Komunikasi dan berbagai perangkat internet yang ada. Hal ini untuk mengoptimalkan layanan daerah serta terhubung dengan masyarakat sehingga masyarakat dapat mengetahui kondisi infrastruktur dan fasilitas daerah hingga peristiwa yang terjadi secara berkelanjutan.

“Program menuju Kota Cerdas (Smart City) adalah salah satu program dari Kementerian Kominfo yang bekerjasama dengan Kementerian Dalam Negeri,  Kementerian PUPR, kementerian PPN/BAPPENAS, Kementerian Koordinator Perekonomian, Kementerian Keuangan, Kementerian PAN & RB, Kementerian Parekraf dan Kantor Staf Presiden.

Untuk itu saya berharap, dengan penandatanganan komitmen bersama menuju Smart City Kabupaten Musi Rawas, pada hari ini, pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dapat dimaksimalkan demi kepentingan dan melayani masyarakat khususnya di Kabupaten Musi Rawas,” harap Bupati.

Bupati juga mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Kominfo yang dari awal sudah memberi Master Plan Smart City. Karena dari 17 Kabupaten/Kota di Provinsi Sumsel hanya Kabupaten OKI dan Musi Rawas yang mendapat program pengembangan Smart City.

“Saya instruksikan kepada seluruh OPD agar benar-benar memanfaatkan program ini. Kita mendapatkan program ini dari Kementerian Kominfo, insya Allah tahun depan akan mendapat Dana Alokasi Khusus (DAK).

DAK nantinya untuk membangun Infrastruktur Smart City serta program-programnya luar biasa, hal ini tentunya mendukung mewujudkan visi misi dari Kabupaten Musi Rawas ini yaitu Maju, Mandiri dan Bermartabat,” tambah Bupati.

Sementara, perwakilan dari Kementrian komimfo, Acuviarta Kartabi menyampaikan semua program atau master plan telah disusun dan telah diklasifikasi.

“Kami bersama seluruh pimpinan dan staf OPD sudah merumuskan paling tidak ada 12 program perbulan yang nanti akan kita usulkan kepada Menteri Kominfo, sebagai usulan dari Pemkab Musi Rawas.

Oleh karena itu mohon kepada Ibu Bupati nantinya pada akhir Bulan Oktober 2022, kami akan undang untuk hadir menghadap pak Menteri melaporkan apa saja yang sudah disiapkan dalam kerjasama untuk pengembangan Program Smart City ini. Berikut sebagai dasar penentuan DAK ke Musi Rawas untuk membiayai program tersebut.

Diakhir acara, Bupati dan OPD melakukan penandatanganan komitmen dan kerjasama pengembangan Progtam Smart City di Kabupaten Musi Rawas pada sebuah banner yang di tempel di dinding.

Hadir dalam acara, Ketua DPRD Mura, Kapolres Mura, Sekda, para Kepala OPD dan staf dilingkungan Pemkab Mura, termasuk para Camat. | *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.