Bupati Mura Hadiri Pembukaan Apkasi Otonomi Expo 2022

JAKARTA – | Bupati Musi Rawas, Hj Ratna Machmud menghadiri pembukaan pameran APKASI Otonomi Expo (AOE) Tahun 2022 yang digelar oleh Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Rabu (20/07/2022).

Pelaksanaan AOE 2022 resmi dibuka ketika Mendagri Tito Karnavian memukul gong dalam acara pembukaan. Rencananya, AOE 2022 digelar selama tiga hari mulai 20 Juli hingga 22 Juli 2022.

AOE 2022 merupakan agenda tahunan yang menjadi ajang bagi pemerintah kabupaten (Pemkab) di seluruh Indonesia untuk memamerkan potensi unggulan daerah berupa hasil pertanian, perkebunan, pertambangan, industri kreatif, pariwisata dan lainnya.

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menyampaikan agar AOE 2022 tidak dijadikan sekedar seremonial, melainkan kesempatan untuk membangun kerja sama antardaerah.

Ketua Umum Apkasi Sutan Riska Tuanku Kerajaan mengatakan Apkasi memiliki tanggung jawab moral untuk terus menjaga dan mendorong agar momentum pemulihan perekonomian nasional terus membaik.

Untuk itu, Apkasi menggelar AOE 2022 yang dapat dijadikan sebagai momentum pemulihan ekonomi daerah yang berdampak pada pemulihan ekonomi nasional.

“Dengan adanya pameran AOE 2022 dengan tema Pulihkan Ekonomi Daerah Melalui Jejaring Global ini, diharapkan akan terus terjadi peningkatan transaksi perdagangan di berbagai komoditi unggulan yang dimiliki daerah kabupaten dan juga semakin kuat arus investasi yang mengalir ke kabupaten di berbagai sektor,” kata Sutan Riska Tuanku Kerajaan dalam keterangannya.

Sementara, Direktur Eksekutif AOE 2022, Sarman Simanjorang berharap AOE 2022 dapat mencetak transaksi perdagangan dan komitmen investasi. Berdasarkan catatan APKASI, transaksi perdagangan dan komitmen investasi pada AOE 2021 mencapai sekitar Rp 11,3 triliun.

“Dalam AOE 2022, terdapat sekitar 245 stan yang dipamerkan. Ratusan stan itu terdiri dari 122 Pemkab, empat kementerian dan BUMN, serta perusahaan swasta nasional dan UMKM,” kata Sarman Simanjorang.

Sebagai Wakil Bendahara Umum APKASI, Bupati Musi Rawas, Hj Ratna Machmud mengapresiasi terselenggaranya AOE 2022. Pasca Pandemi, dengan AEO ini diharapkan komitmen investasi dapat semakin meningkat dibanding tahun lalu

Turut hadir dari Pemkab Musi Rawas pada AOE ini, Kadis Kominfo, M Salman Alfaresyi dan Kepala DPMPTSP, Sunardin. | *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.