Bupati Mura Launching Aplikasi SRIKANDI, Dukung Birokrasi Berbasis IT

MUSI RAWAS – Bupati Musi Rawas Hj. Ratna Machmud melaunching aplikasi SRIKANDI di acara Gerakan Bersama Masyarakat Perluasan Akseptasi QRIS (Gebyar QRIS 2023). Jumat (1/12/2023) di Lapangan Taman Beregam Muara Beliti.

Kegiatan ini dalam rangka menuju birokrasi yang profesional berbasis Teknologi Informasi untuk mendukung Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Rawas mewujudkan Smart City.

Bupati Ratna Machmud mengatakan, aplikasi SRIKANDI merupakan inovasi perihal kearsipan sehingga mempermudah dalam membuat naskah dan proses pengiriman keluar, menerima serta menjadwalkan naskah yang telah diterima sehingga dapat mendisposisikan naskah yang diterima.

“Saya menyambut baik program ini guna mendukung pengelolaan arsip dan tata kelola pemerintahan berbasis elektronik,” ungkap Bupati Ratna Machmud didampingi Wakil Bupati Hj. Suwarti.

Dia sangat perhatian agar Pemkab Musi Rawas dapat melakukan inovasi, diantaranya mempermudah dalam pengarsipan serta Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Ini merupakan bentuk upaya peningkatan pelayanan publik di bidang kearsipan digital.

“Aplikasi SRIKANDI ini dapat mempermudah proses kearsipan di setiap OPD serta meningkatkan kualitas aparatur pengelola arsip yang terpadu untuk mewujudkan Musi Rawas Maju, Mandiri, Bermartabat (MANTAB),” terang Ratna Machmud.

Saat bersamaan, juga digelar rangkaian kegiatan Gebyar QRIS 2023, meliputi senam sehat, pameran stand bazar aneka produk UMKM makanan dan minuman, Bazar Pangan Murah, Sosialisasi QRIS dan CBP Rupiah.

Dalam hal ini, Bupati Ratna Machmud menjelaskan, pemanfaatan QRIS di lingkungan Pemkab Musi Rawas sudah mulai digunakan.

Seperti untuk pembayaran pajak daerah seperti PBB-P2 dan BPHTB serta pembayaran retribusi pada beberapa perangkat daerah diantaranya Dinas Kesehatan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Pertanian dan Peternakan, Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas PU Cipta Karya, Tata Ruang dan Pengairan.

“Kedepan, seluruh OPD menggunakan QRIS dalam transaksi pemungutan pajak dan retribusi.

Bahkan penggunaan QRIS dapat juga dikembangkan dalam transaksi ekonomi lainnya, seperti pusat wisata, pembayaran zakat dan lain-lain,” ujarnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Deputi Perwakilan Bank Indonesia Sumatera Selatan, Kepala Tim Implementasi Kebijakan Sistem Pembayaran, Kepala OPD Provinsi Sumsel, Forkopimda Musi Rawas.

Kemudian, Ketua TP PKK Musi Rawas, Sekda Musi Rawas, Asisten, Staf Ahli, Pimpinan Bank Sumsel Babel Muara Beliti, Pimpinan BUMN/BUMD, Kepala OPD Musi Rawas, Camat dan lainnya. | *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *