Dorong Pertumbuhan Ekonomi UMKM, Pemkab Mura Gelar KIE

MUSI RAWAS – | Untuk mendorong pertumbuhan Ekonomi Kreatif melalui Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Rawas melaksanakan kegiatan Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) Keamanan Pangan dengan sasaran Industri Rumah Tangga Pangan (IRTP) di Kabupaten Musi Rawas. Selasa (13/9/2022) di Auditorium Pemkab Musi Rawas.

Bupati Musi Rawas, Hj Ratna Machmud mengatakan, UMKM perlu di dukung dan di fasilitasi karena dapat mendorong pertumbuhan ekonomi hingga tingkat pedesaan. Untuk itu perlu juga diupayakan bahan baku dalam memproduksi produk UMKM, agar UMKM berjalan secara berkesinambungan tanpa hambatan.

Ini harus ditumbuhkan, Industri Rumah Tangga Pangan (IRTP) menjadi perhatian Pemkab Musi Rawas, dan tidak kalah penting keamanan dari bahan produk yang akan dikonsumsi dari zat-zat berbahaya, termasuk kebersihan dalam pengelolaannya.

“Pemkab Musi Rawas sangat mendukung dan terus berupaya agar apa yang menjadi usaha masyarakat dapat bertumbuh kembang sehingga dapat menuju visi misi Musi Rawas Maju, Mandiri dan Bermartabat (Mantab).

Pertemuan ini saya rasa sangat bermanfaat, karena bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan tanggung jawab produsen pangan tentang mutu dan keamanan pangan,” ungkap Bupati saat hadir dan membuka langsung kegiatan KIE Keamanan Pangan dengan sasaran IRTP di Kabupaten Musi Rawas.

Bupati juga berterima kasih kepada Balai POM atas kerja sama dalam hal pengawasan terhadap IRTP di wilayah Kabupaten Musi Rawas yang saat ini berjumlah lebih dari 352 pelaku usaha.

“Saya juga berharap kegiatan ini menjadi pembinaan sertifikasi untuk merek dan label, serta sampai pengawasan untuk keamanan pangan. Agar produk IRTP yang dihasilkan Kabupaten Musi Rawas bisa bersaing secara kompetitif dengan produk daerah lain,” tambahnya.

Kegiatan ini diikuti 200 peserta  yang terdiri dari UMKM, Karang Taruna, dan PKK di 14 Kecamatan di Kabupaten Musi Rawas.

Hadir dalam kegiatan tersebut Asisten Pemerintahan dan Kesra, Ali Sadikin. Kepala Lokal POM Lubuklinggau Afdil Kurnia. Para Kepala OPD di Kabupaten Musi Rawas, serta para wartawan yang bertugas meliput kegiatan di Pemkab Musi Rawas. | *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.