Inspektorat Musi Rawas Diminta Tingkatkan Kinerja dan Transparansi Pemeriksaan

MUSI RAWAS – Inspektorat Kabupaten Musi Rawas merupakan Badan Pengawas Pemerintah Daerah (Pemda) Musi Rawas. Dimana semua laporan terkait pelanggaran dan kebijakan administrasi merupakan pengawasan dari Inspektorat yang mempunyai peringkat Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP).

Ketua LSM Lembaga Pengawas Keuangan dan Pembangunan (LPKP), Zairin mengharapkan Inspektorat benar-benar berfungsi dalam mengawasi dan menindak Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang melanggar aturan atas atensi Kepala Daerah dan laporan masyarakat.

“Seperti Senin lalu, ada laporan yang masuk dugaan penyalahgunaan Dana Desa (DD) di Kecamatan Muara Kelingi. Kami berharap kedepan Inspektorat dapat lebih transparansi dalam pemeriksaan.

Proses sesuai aturan, yang salah katakan salah, lanjutkan proses hukumnya. Bila tidak terbukti, sebaliknya, bersihkan nama baiknya.

Sampai sekarang belum diketahui sudah banyak laporan dugaan penyelewengan dari oknum perorangan maupun penyelenggaraan OPD,” ujarnya saat dihubungi, Rabu (30/08/2023).

Sementara, wartawan mencoba konfirmasi ke Inspektorat, hari ini pukul 13.26 WIB., namun pejabat berwenang tidak ada dikantor, baik Inspektur, Sekretaris maupun Irban Akuntabilitas Kinerja dan Keuangan Pemerintah Desa/Kelurahan (AKK dan Pemdes).

“Yang mustahil, penjaga depan (resepsionis) tidak tahu nama Irban AKK dan Pemdes. Padahal itu atasan atau pejabat pemting di Inspektorat,” awak media berseloroh. | *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *