Kios Pupuk Subsidi Milik Anggota DPRD Mura, Diduga Menjual Diatas HET

MUSI RAWAS – Diduga pengecer pupuk subsidi, Kios NR menjual pupuk bersubsidi pemerintah diatas Harga Eceran Tertinggi (HET).

Info yang diterima, Kios NR yang merupakan milik milik Anggota DPRD Kabupaten Musi Rawas, diduga menjual pupuk subsidi ke petani sawit, padahal alokasi pupuk subsidi untuk sawah dan tanaman palawija.

Diketahui, petani Desa Mekar Sari Kecamatan Muara Kelingi membeli pupuk melalui Kadus III, dengan harga Rp 185.000,-/sak untuk Pupuk Ponska padahal HET Rp 115.000,-/sak jadi ada kenaikan sebesar 62 persen dari HET.

Sedangkan, Pupuk Urea Rp 170.000,-/sak padahal HET Rp 112.500,-/sak ada kenaikan sebesar 66 persen dari HET.

Kemudian, dari keterangan yang diperoleh, Pemilik Kios NR mendistribusikan Pupuk Subsidi melalui PPL dan Orang Dinas (maksudnya, Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Musi Rawas). Pupuk Subsidi tersebut ditampung oleh Kadus III Desa Mekar Sari, Suharmoko. Melalui Suharmoko inilah petani atau kelompok tani memesan dan membeli Pupuk Subsidi diatas HET bahkan ada yang bayar duluan, semuanya tanpa kartu tani.

Pemilik Kios NR dihubungi, namun tiba-tiba memblokir nomor awak media.

Sementara, Ketua Forum Trisula, Sancik mengatakan, menjual pupuk bersubsidi di atas HET termasuk perbuatan melanggar hukum. Pelaku nya bisa diancam dengan UU No. 8 Tahun 1962 tentang Perdagangan Barang Dalam Pengawasan dan UU No. 7 Tahun 1955 tentang Pengusutan Penuntutan dan Peradilan Tindak Pidana Ekonomi dengan ancaman 6 tahun penjara.

“Kami siap akan melakukan aksi damai di Kantor DPRD Kabupaten Musi Rawas dan Dinas Pertanian dan Peternakan dalam waktu dekat.

Kami menuntut agar permasalahan ini diusut tuntas dan akan melaporkan kejadian ini ke Aparat Penegak Hukum,” ujarnya.

Sumber : https://youtu.be/2SMNhB1PJ6M?si=d2Yxc-4Egh5ZJNgv

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *