Mensos Salurkan BLT-BBM, Cek Datamu Disini

JAKARTA – | Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini akan menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) pasca kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi yang diagendakan mulai September 2022.

“Kita sudah ada data 20,65 juta keluarga penerima manfaat. Namun, masih ada 313.244 kepala keluarga yang datanya dalam proses cleansing di PT Pos,” imbuh Risma sebagaimana dikutip dari kompas.com, Sabtu (3/9/2022).

Menurut Risma, masyarakat penerima BLT BBM akan mendapat total Rp600.000, disalurkan dalam dua periode, dengan jadwal September dan Desember 2022.

“Pemberian ini akan kita berikan 150.000, empat kali, namun kita berikan dalam dua tahap. Jadi per tahapnya Rp300.000, kita berikan per September ini, dan nanti pada awal Desember, kita berikan yang kedua,” kata Risma.

Untuk penyaluran BLT BBM dilakukan melalui PT Pos Indonesia.

Lalu bagaimana cara mendapatkan bansos atau BLT BBM?

Merujuk pada pernyataan Direktur Utama PT Pos Indonesia Faizal R Djoemadi, PT Pos Indonesia akan membagikan bansos BBM berdasar data dari Kemensos.

“Data penerima secara bertahap akan kami terima. Saat ini data yang masuk sudah ada 1,5 juta orang dan kami langsung mengirimkan undangan ke alamat masing-masing dengan keterangan jadwal dan lokasi pengambilan BLT BBM,” ujar Faizal.

Oleh sebab itu, Anda tak perlu mendaftar untuk mendapatkan bansos BBM.

Situs Kemensos menyediakan fitur pengecekan data penerima manfaat, yang dapat digunakan untuk mengecek status Anda dalam data bansos.

Berikut cara mengeceknya:

• Buka peramban, kunjungi cekbansos.kemensos.go.id

• Sesuai domisili di KTP Anda, masukkan data provinsi, kabupaten, kecamatan, dan desa atau kelurahan

• Masukkan pula nama Anda sesuai KTP, lalu ketik 8 huruf kode chapta.

• Jika kode huruf kurang jelas, klik refresh untuk mendapatkan huruf kode baru

• Kemudian, klik “cari data”.

Jika Anda termasuk penerima manfaat, nama Anda akan muncul dalam data yang ditampilkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.