Pemkab Musi Rawas Terus Bergerak Percepat Capaian Vaksin, Penuhi Target

MUARA BELITI – | Pemerintah Kabupaten Musi Rawas terus bergerak mempercepat capaian vaksinasi Covid-19. Hingga, Camat, Kades/Lurah turut mengerahkan dan mengkoordinir warganya yang belum divaksin dengan pengawalan Babinsa TNI.

Hal ini dimaksud, demi melindungi masyarakat dari ancaman bahaya merebaknya pandemi Covid-19 di wikayah khususnya  Kabupaten Musi Rawas.

Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Musi Rawas, Nanti Kasih melalui Sekretaris, Muhamad Nizar mengatakan, saat ini capaian vaksinasi Covid-19 untuk dosis pertama, kategori umum sudah mencapai 51,8 persen dan dosis pertama lansia diangka 41 persen.

Untuk mempercepat cakupan vaksinasi, Dinkes telah menurunkan tim vaksinasi kesetiap desa dengan tiga cara, yaitu membuka pelayanan vaksinasi di Puskesmas dan Polsek, memberikan pelayanan disetiap moment kegiatan sosial kemasyarakatan seperti persedekahan.

“Termasuk juga pada kegiatan pembagian bantuan sosial, pengajian dan lainnya, kemudian melakukan vaksinasi door to door atau mendatangi rumah warga yang dikawal bersama TNI dan Polri,” kata Nizar dalam rapat percepatan vaksinasi.

Dalam rapat tersebut juga terhimpun beberapa permasalahan seperti NIK, Sinyal dan kelelahan vaksinator, sehingga disepakati bahwa mengoptimalisasikan peran Camat dalam menggerakan Kepala Desa/Lurah.

“Misalnya seperti Camat BTS Ulu akan memberiksn reward Rp10 juta bagi zonasi vaksin yang lebih awal mencapai herd community atau diatas 70 persen,” ungkapnya.

Ditambahkannya, cakupan vaksin di wilayah yang dibagi 3 zonasi, yakni zonasi Musi Ulu, Musi Ilir dan Zonasi Trans. Cara ini patut ditiru untuk memberi suport kepada para Kades/Lurah.

Ditambahkannya, dalam kurun waktu satu minggu ini, kita harus menghabiskan sebanyak 90.000 dosis dan beberapa hari yang lalu vaksin bertambah sebanyak 181.000 dosis lagi. Artinya percepatan optimalisasi sangat diperlukan.

“Dinkes akan menambah tim vaksinator terutama bagi Kecamatan yang belum maksimal, karena keterbatasan personil vaksinator. TNI, Polri Satpol PP serta Disdukcapil akan bersinergis memberikan pelayanan rekam KTP,” pungkasnya.

Sementara itu, Kabag Ops Polres Mura, AKP Polin menegaskan, vaksinasi ini dapat dicapai, jika disepakati dan satu persepsi terhadap sasaran yang akan dicapai,

“Polri siap untuk memback up pelaksanaan vaksinasi bahkan kami menugaskan Babimkamtibmas untuk mengawal pelayanan vaksinasi itu,” kata AKP Polin.

Sama halnya yang disampaikan, Koramil Muara Lakitan, Kapten Asat juga menegaskan, selama ini TNI bersama Polri dan Puskesmas berjibaku hingga kedesa desa, namun peran Kades perlu dioptimalisasikan, sehingga pelaksanaan vaksin lebih mudah, lancar dan sukses.

Untuk diketahui, rapat juga dihadiri Kepala Diskominfo, H Bambang Hermanto, Kepala Disdukcapil, H Y Mori, Kepala Satpol PP diwakili Sekretaris Sabarni, sembilan Camat di Kabupaten Mura dan operator Pcare 19 Puskesmas serta perwakilan BPJS. | Ok

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.