Pesan Bupati, BPD Harus Bisa Jadi Partner Kades Layani Masyarakat

MUSI RAWAS – | Bupati Musi Rawas, Hj Ratna Machmud berpesan, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) harus bisa menjadi partner dan pilar utama koordinasi Pemerintah Desa (Pemdes). Untuk itu BPD juga harus paham dengan tugas pokok dan fungsi (Tupoksi), mengangkat budaya gotong royong dan terbuka dalam melayani masyarakat.

“BPD itu sama dengan DPRD-nya desa. Dengan adanya BPD diharapkan akan lebih baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, sehingga apa yang menjadi aspirasi dan harapan warga desa dapat terwujud,” ungkap Bupati saat membuka langsung kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) kewenangan lokal skala desa dan fungsi BPD dalam penyelenggaraan Pemdes Tahun 2021. Jum’at (03/12/2021) di BPU Bagar Raya Kota Lubuklinggau.

Bupati menegaskan, dipundak BPD, terdapat harapan masyarakat yang begitu besar. Dengan adanya kegiatan ini bisa bermanfaat bagi Desa masing-masing, dan BPD juga diharapkan bisa bekerjasama dengan Kades, dalam mewujudkan harapan warga desa.

“Bekerja melayani masyarakat adalah suatu kehormatan, teruskan memberikan yang terbaik. Dengan kegiatan ini, bisa memberikan semangat yang lebih baik untuk BPD memberikan yang terbaik ke masyarakat,” kata Bupati.

Bupati Ratna Machmud juga mengapresiasi atas terlaksananya kegiatan bimtek bagi BPD. Menurut Bupati, ini kegiatan yang baik untuk mempercepat mewujudkan Mura Mantab (Maju, Mandiri, Bermartabat).

“Saya mohon dukungan Kades dan BPD untuk mewujudkan Musi Rawas Mantab, kita ingin Musi Rawas ini maju, artinya bergerak kedepan, tidak bisa maju jika kita tidak bersama-sama. Hingga terwujudnya Musi Rawas Mandiri dan terciptakan Musi Rawas Bermartabat yang memiliki harga diri,” ungkap Bupati.

Sementara itu, Ketua DPC Abpednas Kabupaten Musi Rawas, Willy Wicaksana mengucapkan terimakasih karena hadir dan membuka langsung kegiatan ini dan kepada DPMD yang juga sudah memfasilitasi dan terus membimbing Abpednas Kabupaten Musi Rawas. Kegiatan ini diikuti peserta sebanyak 903 orang dari anggota BPD se-Kabupaten Mura.

“Setelah dilantik, kami belum pernah mendapat bekal apapun dalam menjalan tugas, dan alhamdulillah sekarang diberi kesempatan dan didukung kegiatan ini. Abpednas selalu siap mendukung program dan visi misi Bupati mewujudkan Mura Mantab,” katanya.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih komprehensif terkait dengan Tupoksi BPD dalam penyelenggaraan Pemdes, memberikan pemahaman orgniasi BPD dan memberikan pelatihan simulai dalam rangka menjalaan tupoksi BPD.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan tiga gelombang, gelombang pertama pada 3 Desember untuk Kecamatan Tugumulyo, Purwodadi, Muara Lakitan, Muara Kelingi dan Muara Beliti. Gelombang kedua pada 4 Desember untuk Kecamatan STL Ulu Terawas, Selangit, Jayaloka, TPK dan BTS Ulu. Gelombang terakhir pada 5 Desember untuk Sukakarya, Sumber Harta, Megang Sakti dan Tuah Negeri. | *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.